Perbedaan Touchscreen dan LCD. Jangan Salah!

Perbedaan touchscreen dan LCD sering menjadi bahan perbincangan karena masih banyak yang bingung antara keduanya.

Padahal LCD dan touchscreen memiliki fungsi yang cukup jauh berbeda. Namun keduanya sangat berperan penting pada perangkat digital apapun. 

Nah, ketahui dulu yuk apa sih masing-masing kegunaannya dan juga perbedaan touchscreen dan LCD!

Fungsi Touchscreen 

Disebut juga dengan layar sentuh, touchscreen memiliki fungsi yang krusial dalam sebuah gadget. 

Touchscreen merupakan komponen berbentuk plastik mika transparan yang diletakkan pada perangkat, berfungsi untuk mengantarkan kontrol gerakan pada layar gadget hanya dengan sentuhan jari. 

Tidak hanya pada smartphone saja, banyak perangkat digital lain yang menggunakan layar sentuh untuk memudahkan user dalam mengontrol monitor. Seperti pada mesin ATM, kulkas, kompor hingga fasilitas parkir menggunakan touchless button.

Layar sentuh menjadi salah satu penemuan yang paling ter-mutakhir di abad 2, karena dengan adanya layar sentuh tentu sangat memudahkan, apalagi di zaman Pandemi seperti saat ini. 

Fungsi LCD  

Sama dengan touchscreen, fungsi LCD juga tidak kalah penting pada teknologi. Tanpa LCD sebuah perangkat tidak bisa menampilkan data, gambar, huruf dan lainnya. 

Karenanya LCD memang digunakan untuk berbagai kebutuhan perangkat modern saat ini yang mampu memberikan tampilan visual pada sebuah perangkat digital. 

Material yang dibutuhkan dalam pembuatan LCD adalah lapisan campuran organik antara elektroda transparan indium oksida dengan lapisan kaca bening. 

Perbedaan Touchscreen dan LCD 

perbedaan touchscreen dan lcd

Bisa dikatakan perbedaan touchscreen dan LCD adalah dari masing-masing fungsi yang berbeda. Namun, keduanya saling terhubung satu sama lain. 

Sebagai ringkasan LCD adalah komponen yang berfungsi menampilkan gambar, sedangkan touchscreen berfungsi untuk memudahkan user mengontrol layar hanya dengan sentuhan jari. 

Cara kerja keduanya diawali dengan sentuhan jari ke layar touchscreen yang kemudian diproses dan informasi tersebut dibaca oleh LCD. LCD menampilkan perintah dari user yang menggerakan touchscreen.

Bisakah diganti salah satunya?

Banyak sekali yang menanyakan apakah salah satunya bisa diganti? Misal jika LCD masih bagus namun terjadi masalah pada touchscreen seperti ghost touch/layar yang bergerak sendiri. 

Atau jika LCD pecah namun touchscreen masih bisa digunakan. Bisakah mengganti salah satunya saja? 

Jawabannya TIDAK, apalagi untuk smartphone keluaran terbaru, karena body smartphone semakin tipis membuat spare part LCD dan touchscreen dijual menempel atau berbarengan. 

Bisa saja mengganti salah satunya namun akan terjadi banyak resiko, pilihan lain kamu bisa mencari tempat service yang benar-benar handal di bidangnya. 

BACA LAGI [ Apa Arti Smart Card Is Out of Date yang Muncul di Layar Tv? ]

Bahaya Layar Smartphone Retak 

Masalah yang terjadi pada gadget kebanyakan adalah seringnya terjadi jatuh atau terbentur dan menyebabkan layar pecah. 

Banyak orang yang malas mengganti layar yang retak, biasanya karena harga yang mahal dan juga waktu menunggu untuk melakukan service. Padahal hal ini cukup membahayakan, loh!

Layar yang pecah akan mengeluarkan radiasi lebih besar, dan juga kaca yang terdapat pada layar yang tajam akan melukai jari. 

Jadi lebih baik sisihkan uang dan juga waktu untuk mengganti layar gadgetmu, ya!

Cara Menjaga Layar Tidak Rusak 

Karena harga yang tidak murah, kamu wajib menjaga layar gadget agar tidak pecah dan juga tidak mudah rusak. Berikut tipsnya!

  1. Gunakan selalu touchscreen atau LCD yang original atau mendekati original. Karena kualitas dari produk sangat bergantung dengan pemakaian jangka panjang. 
  1. Lebih baik melakukan penggantian service pada profesional. 
  1. Gunakan Tempered Glass yang tebal atau yang terbaik agar memberikan perlindungan yang kuat saat gadget terjatuh.
  1. Selalu gunakan case, untuk melindungi dari debu, air dan juga benturan.
  1. Jauhkan dari tempat yang basah jika gadget kamu bukan anti air.

Nah, itu dia perbedaan touchscreen dan LCD, berikut juga tips menjaga agar layar tidak pecah dan selalu awet!

Leave a Comment